Standar Kompetensi:
11. Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca  nyaring

Kompetensi Dasar:
11.1  Menemukan  masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif

Tujuan pokok pembelajaran ini, Anda diharapkan dapat:
·   mampu mendata masalah-masalah dari tiap berita
·   mampu menentukan masalah utama dari tiap berita
·   mampu menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita
·   mampu menentukan perbedaan penyajian teks berita

Pengantar
Setiap informasi/berita aktual pasti akan dimuat di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Karena disajikan oleh media yang berbeda, suatu berita yang sama pasti akan memiliki perbedaan dalam penyajiannya, ada yang mengutamakan aspek tertentu, ada juga yang mengutamakan aspek yang lain.

Deskripsi Materi
Menemukan Masalah Utama dari Beberapa Berita Bertopik Sama
Sering kita jumpai berita yang sama disampaikan dengan sudut pandang yang berbeda oleh koran yang berbeda. Pada kesempatan ini kamu akan belajar menemukan topik yang dimaksud dari sumber koran yang berbeda. Catatlah butir-butir pokok dari setiap teks, temukan keterkaitan butir yang satu dengan yang lain, dan tuliskan butir-butir pokok tersebut ke dalam satu atau dua paragraf rangkuman.
Aktivitas pembelajaran yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi menemukan masalah utama dari beberapa berita bertopik sama adalah (1) mengenali inti berita untuk menyusun rangkuman, (2) membandingkan isi dua teks yang hampir sama temanya, (3) merangkum isi dua teks yang hampir sama temanya, dan (4) menilai rangkuman yang dibuat.

1. Mengenali Inti Berita untuk Menyusun Rangkuman
Coba cermati kutipan teks berita 1, 2, dan 3 berikut! Carilah inti masing-masing kutipan teks berita tersebut, kemudian bandingkan dan berikan komentar terhadap ketiganya!

a. Diskusikan dengan teman sebangkumu kalimat yang disampaikan dalam kutipan teks berita tersebut yang bersifat lebih umum daripada yang kalimat lain!
b. Alasan apa yang menyebabkan peristiwa tersebut terjadi? Dengarkan kutipan teks berita 1 dan berikanlah alasannya!
c. Bagaimana proses kejadian pada peristiwa tersebut pada kutipan teks berita 2?
d. Peristiwa apa yang terjadi pada kutipan teks berita 3?

Jawabanmu merupakan kalimat penjelas dalam setiap paragraf.
Sekarang berikanlah komentar terhadap penjelasan berikut berdasarkan hasil diskusimu!

2. Membandingkan Isi Dua Berita yang Temanya Hampir Sama
Seperti kegiatan sebelumnya, kali ini bacalah dengan cermat teks berikut dengan cara berdiskusi dengan temanmu! Kamu dapat memberikan komentar terhadap teksteks tersebut. Coba temukan tema keduanya!

Bagaimana perbandingan isi kedua teks tersebut? Untuk itu, lengkapilah tabel berikut!
No.
Hal yang dibandingkan
Teks 1
Teks 2
1.



2.




3. Merangkum Isi Dua Teks yang Hampir sama Temanya
Buatlah rangkuman dengan merangkaikan ide pokok dari kedua teks tersebut secara berkelompok! Tulislah di papan tulis hasil setiap kelompok dalam tabel seperti berikut.

Rangkuman Kelompok 1
Rangkuman Kelompok 2
Rangkuman Kelompok 3







4. Menilai Rangkuman yang Dibuat
Berikanlah komentar dari rangkuman yang dibuat kawanmu dari segi keringkasan isi, bahasa, dan ejaan yang digunakan. Kelompok pemenang adalah kelompok yang dapat menemukakan ide pokok dengan tepat dan menuliskannya dalam rangkuman serta ketepatan penggunaan ejaan.




Contoh:
Teks Berita I
Warga berjalan melewati air yang merendam jalan-jalan di wilayah Kudus, Minggu (4/12). Akibat hujan turun terus-menerus sejak Sabtu (3/12), sungai-sungai meluap dan merendam “Kota Kretek” tersebut. Akibat banjir tersebut ribuan rumah tenggelam, sekolah, perkantoran, dan persawahan juga tenggelam.
Teks II
Kudus (KR)- Setidaknya 2 orang tewas akibat banjir bandang yang melanda Kudus, setelah diguyur hujan deras sepanjang Sabtu siang hingga Minggu (4/12) dinihari. Hingga kemarin, genangan banjir setinggi 0,5 meter hingga 1,5 meter menenggelamkan ribuan rumah, sekolah, perkantoran, dan ratusan hektare sawah di wilayah Kecamatan Mejobo Kudus.

1. Persamaan isi berita tersebut adalah ....
A.    Sungai di Kudus meluap dan merendam
B.    Ribuan rumah di Kudus terendam
C.   Banjir di Kudus akibat hujan terus-menerus
D.   Jalan-jalan di wilayah Kudus terendam
Jawaban: C (karena kedua teks berita tersebut sama-sama menginformasikan peristiwa banjir di daerah Kudus).

2.  Perbedaan berita yang di utamakan kedua berita pada soal nomor 4 adalah …
  1. Teks 1 menonjolkan akibat terhadap lingkungan dan teks 2 menonjolkan akibat korban
  2. Teks 1 mengutamakan peristiwa dan teks 2 mengutamakan penyebab
  3. Teks 1 megutamakan penyebab banjir dan teks 2 mengutamakan korban banjir
  4. Teks 1 menonjolkan korban banjir dan teks 2 menonjolkan peristiwa banjir
Jawaban: A (informasi utama yang disajikan dalam berita tersebut berbeda Teks 1 menonjolkan akibat terhadap lingkungan dan teks 2 menonjolkan akibat korban)

3.  Perbedaan penyajian kedua teks berita  pada soal nomor 4  adalah…
A. Teks 1: bagaimana-kapan-siapa-di mana-mengapa, teks 2: kapan-di mana, mengapa-bagaimana-siapa
B.  Teks 1: siapa-di mana-kapan-mengapa-bagaimana, teks 2: siapa-mengapa-bagaimana-kapan-di mana
C.  Teks 1: di mana-kapan-mengapa-siapa-bagaimana, teks 2: mengapa-kapan-bagaimana-di mana-siapa
D.  Teks 1: mengapa-kapan-bagaimana-kapan-di mana, teks 2: di mana-mengapa-kapan-bagaimana
Jawaban: B (urutan penyajian kedua teks tersebut berbeda teks 1: siapa-di mana-kapan-mengapa-bagaimana, teks 2: siapa-mengapa-bagaimana-kapan-di mana)

Evaluasi:
(Soal terlampir)

tr3wahyono.blogspot.com

1.    Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 28 ton ikan siap saji asal China yang diimpor secara ilegal dimusnahkan tim gabungan Bea Cukai dan Badan Karantina Ikan di Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Selasa (6/2). Sebelumnya pada tahun 2011 petugas telah memusnahkan lebih dari 6 ribu ton dan 200 ribu ekor ikan yang di-impor secara ilegal oleh sejumlah importir dari berbagai negara. Ikan siap saji dari jenis komoditi frozen makarel itu sebelumnya tiba di Pelabuhan Tanjungpriok, pada bulan Maret 2011. Pihak importir tidak dapat menunjukkan dokumen yang sah, Bea Cukai dan Badan Karantina Ikan pun langsung melakukan penahanan produk sebagai barang bukti. Ikan siap saji yang diimpor oleh PT Hong 777 senilai Rp1 miliar pun akhirnya dimusnahkan. Pemusnahan dilakukan dengan dasar impor ikan itu tidak memenuhi persyaratan, sesuai aturan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 15 tahun 2011 tentang Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan yang masuk ke dalam wilayah Indonesia.

21.    Jakarta: Kementerian Perhubungan menjadwalkan penerbitan Air Operator Certificate (AOC) Mandala Airlines pada minggu pertama Februari 2012. "Penyerahan AOC Mandala Airlines hanya tinggal finalisasi," kata Bambang S. Ervan, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan di Jakarta, Selasa (7/2). Secara teknis, Mandala telah memenuhi persyaratan. Adapun, surat izin usaha penerbangan (SIUP) Mandala sudah diperpanjang empat bulan terhitung sejak Januari 2012 karena pengurusan AOC sudah pada tahap akhir.
Dihubungi secara terpisah, Manajer Investasi Saratoga Capital Devin Wirawan menjelaskan PT Mandala Airlines tinggal menunggu izin operasi penerbangan dari Kemenhub untuk beroperasi kembali. Mengenai kesiapan armada, PT Mandala Airlines telah memiliki dua pesawat jenis Airbus320. Pihaknya juga akan mendatangkan sejumlah pesawat demi mengikuti ketentuan UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, yakni 10 pesawat dengan 5 di antaranya berstatus milik dan dikuasai.

3.    PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) kembali terancam bangkrut jika pada Juni 2012 tidak mendapatkan suntikan dana sebesar Rp250 miliar.
"Tadi kita rapat dengan jajaran manajemen Merpati membahas kondisi perusahaan. Jika pada Juni ini tidak mendapat dana sebesar Rp250 miliar maka perusahaan dipastikan 'collapse'," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di Gedung MPR/DPR, Selasa (7/2).
Menurut Dahlan, manajemen sangat membutuhkan dana tersebut untuk membuat operasional perusahaan dapat berjalan dengan stabil. Diketahui Merpati sebelumnya telah mendapat suntikan dana sebesar Rp561 miliar, namun baru diterima pada akhir Desember 2011. Padahal seharusnya sudah harus diterima pada Juni 2011 sesuai dengan keputusan pemerintah.

42.    Kendari: Warga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menemukan tambang emas yang berlokasi di Kelurahan Alolama, Kecamatan Mandonga. Penemuan tambang emas itu menghebohkan warga sekitar lokasi. Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) langsung menurunkan tim untuk mengambil sampel yang selanjutnya diperiksa di laboratorium.
"Begitu kami mendengar penemuan tambang emas tersebut, hari ini kami langsung turunkan staf untuk mengambil sampel. Secara kasat mata memang benar (ada tambang emas). Dari hasil dulangan warga terdapat butiran emas yang bercampur dengan pasir," kata Hakku Wahab, Kepala Dinas ESDM di Kendari, Selasa (7/2). Wahab didampingi Kabid Geologi ESDM Sultra Abdulatif Saleh.
Menurut Wahab, berdasarkan laporan yang ia terima dari warga yang pertama menemukan tambang emas tersebut, butiran emas tersebut muncul dari hasil galian sumur bor pada kedalaman 25 meter.
"Warga mencoba mendulang pasir hasil galian sumur bor tersebut dan ternyata diperoleh butiran emas. Kemudian butiran emas tersebut diantar ke penjual emas, oleh penjual emas (dinyatakan) bahwa itu emas asli," katanya.
Ia mengatakan, meskipun belum ada hasil uji laboratorium atas sampel bahan tambang emas tersebut, pihaknya yakin galian itu mengandung emas. Sebab, berdasarkan struktur formasi batuan yang tersusun di lokasi penemuan tambang tersebut memungkinkan di lokasi itu ada emas.
"Di lokasi penemuan tambang emas di Kelurahan Alolama merupakan formasi Meluhu yang terdiri dari berbagai jenis batuan dan mineral lainnya, termasuk emas yang bercampur dengan pasir," katanya. (Ant/DSY)

53.    Jakarta: Anggaran pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di bantaran Kali Ciliwung bakal menghabiskan dana sebesar Rp9 triliun.
"Jumlah tersebut untuk pembangunan 29 tower dan PSU (prasarana, sarana, dan utilitas)," kata Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz seusai melantik pejabat eselon III Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), Selasa (7/2), di Gedung Kemenpera Jakarta.
Dirinya bakal melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada Kamis (9/2) mendatang untuk membicarakan pembangunan rusunawa di bantaran Kali Ciliwung.
Rusunawa bakal dibangun di atas tanah Berlan dan tanah Kodam dengan luasan 41 hektare untuk blok A dan 1,8 hektare untuk blok B," imbuh Djan.
Rencananya, rusunawa yang dikelola Perum Perumnas itu akan dibangun sebanyak 29 tower untuk 30 ribu keluarga yang merupakan warga bantaran Kali Ciliwung. Dalam unit-unitnya, rusunawa ini akan ditawarkan dengan perabotan lengkap (fully furnished). "Kami harap BUMN dapat menyumbangkan perabotan melalui program corporate social responsibility (CSR) mereka," tandas Djan. Kemenpera berencana membangun rusunawa ini pada Maret mendatang.(MI/DSY)

4.    Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan salah satu upaya untuk mendukung keamanan pangan, yakni dengan tetap menumbuhkan minat tanam kepada para petani agar tidak beralih pekerjaan. Presiden juga menegaskan perlu ada perhatian untuk meningkatkan insentif bagi para petani.
"Kalau insetif petani kecil, hampir pasti mereka tidak mau menanam, kalau mereka tidak mau menanam, ini sangat menganggu food security. Dengan adanya insentif yang baik, maka petani mau menanam bahan pangan," ujar Presiden saat membuka Seminar dan Pameran Pangan Nasional di Balai Sidang, Jakarta, Selasa (7/2).
Menurut dia, untuk mencapai ketahanan pangan, semua pihak harus berusaha maksimal. Hal itu bisa dimulai di sektor pertanian. Bahkan, katanya, budaya sadar bahan pangan juga bisa dimulai dari keluarga dengan membiasakan diri menanam tanaman pangan di pekarangan rumah.
Yudhoyono menjelaskan, permintaan pangan dunia akan terus naik. Hal itu disebabkan jumlah manusia di bumi sudah menembus angka tujuh miliar. Selain itu, peningkatan daya beli masyarakat juga menjadi faktor yang mendongkrak permintaan pangan. Untuk itu, sisi produksi pangan harus mendapatkan perhatian yang cukup. Selain itu, katanya, semua pihak juga harus meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi berbagai ancaman terhadap stok pangan, seperti banjir dan kendala impor.

75.    Jakarta: Proses pendinginan di lokasi kebakaran di Jalan Lautze Dalam, Pasar Baru, Jakarta Pusat, masih berlangsung. Sejumlah titik api mulai padam sekitar pukul 19.00-20.00 WIB, Selasa (7/2). Sejumlah titik api masih terlihat namun tidak sebesar siang tadi. Total mobil pemadam yang dikerahkan sebanyak 38 buah beserta ratusan petugasnya.
Korban kebakaran mendapatkan bantuan seadanya dari LSM dan petugas Dinas Sosial, yang sudah membangun dapur darurat. Mereka kini mengungsi di trotoar dan ruko di sekitar lokasi kejadian tanpa tenda darurat. Namun beberapa korban lainnya mengungsi di tempat kerabat.
Sebelumnya, api membakar ratusan rumah di tujuh RT di Jalan Lautze siang tadi. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.(DNI)

86.    Peningkatan peringkat Indonesia menjadi layak investasi ternyata sebanding lurus dengan naiknya pendapatan orang Indonesia hampir 20 persen pada 2011.
Pendapatan per kapita Indonesia tahun 2011 naik 17,7 persen menjadi USD3.542 atau setara dengan Rp31,8 juta.
Pejabat sementara Kepala Badan Pusat Statistik, Suryamin, Senin (6/2),  mengatakan produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2011 naik menjadi Rp7.427 triliun dari PDB 2010 yang nilainya Rp6.436 triliun.
Tahun lalu, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 6,5 persen dengan penyumbang terbesar sektor perdagangan dan telekomunikasi.
Meski pendapatan perkapita naik, BPS mencatat porsi upah untuk buruh di Indonesia masih rendah dibanding dengan keseluruhan biaya produksi. Porsi upah buruh masih sekitar 20 persen dari keseluruhan biaya produksi.
Menurut BPS, seharusnya porsi upah buruh bisa naik menjadi 40 persen dari biaya produksi. (Wrt3)

97.    Ratusan rumah di Jalan Lautze Dalam, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (7/2), terbakar. Sebanyak 30 unit mobil pemadam dikerahkan.
Angin kencang membuat api cepat membesar dan merambat ke rumah di tujuh RT. Petugas dibantu warga mencoba memadamkan api. Warga yang panik menyelamatkan harta benda seadanya. Belasan warga dilaporkan luka-luka.
Mobil pemadam sangat sulit mencapai lokasi kejadian karena banyaknya warga yang berkerumun dan jalan yang sempit. Warga pun mencoba menarik selang pemadam hingga ke lokasi kebakaran.
Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Sementara arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian macet.(DNI)


18.  Pertamina akan meningkatkan kapasitas produksi minyak nasional hingga 2015. Pertamina berencana menggenjot produksi minyak dari 500 ribu barel per hari menjadi satu juta barel.
Tak hanya itu, Pertamina juga akan mengakuisisi sejumlah perusahaan kontraktor production sharing (KPS). Pertamina mengambil alih 15  KPS yang masa kontrak kerja perusahaan-perusahaan itu akan habis.
Vice President Upstream Strategic Planning and Portofolio Pertamina, Sigit Raharjo, mengatakan perusahaan itu tengah mencoba mengembangkan produksi dan mencari cadangan minyak baru di luar negeri. Cara itu, ujarnya, pernah diterapkan negara Angola.
Ia mengakui, produksi Pertamina menurun sekitar 600 ribu barel per hari sejak tahun 2995. Namun, ia menargetkan produksi minyak Pertamina akan menembus satu juta barel per hari pada Agustus 2012.(RRN)

19.  Jakarta: Ratusan umat Islam dari berbagai daerah berbondong mendatangi masjid untuk mendengar tausiah yang diberikan ulama dalam rangka menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW, Ahad (5/2) malam. Momen ini diharapkan bisa meredam isu perpecahan antarumat beragama.
Ratusan warga dari berbagai daerah seperti Sukabumi, Cianjur, Jakarta, dan Bogor, terlihat khusyu mengikuti bacaan salawat yang dikumandangkan para habib dan ulama. Para habib mengajak umat Islam terus menjunjung tinggi kebenaran dan meneladani Nabi Muhammad.
Para ulama juga berharap, masyarakat tak muda terprovokasi. Menurut habib Hasan bin Jaffar Assegaf, perbedaan agama sudah terjadi sejak dulu. Tapi perbedaan adalah sebuah warna dalam kehidupan di

110.  Brussel: Seorang pengusaha Cina mencatat rekor dunia dengan membeli burung dara balap senilai USD300 ribu dalam sebuah lelang di Belgia.
Pengusaha bernama Hu Zhenyu itu ingin menggunakan burung merpati ini untuk mengembangkan generasi baru burung dara di Cina.
Taipan perkapalan ini menembus rekor dunia dengan membeli burung darap balap yang diberi nama Dolce Vita tersebut.
Menurut kalangan pengusaha, pembelian burung dara ini akan semakin mengangkat popularitas peternakan burung merpati milik Hu Zhengyu.
Balap burung merpati semakin populer dalam tahun-tahun terakhir ini di Cina dan sejumlah negara Asia lain.
Sejumlah kalangan menganggapnya sebagai hobi sementara sebagian lain menggunakannya sebagai alat judi.
Burung merpati balap biasanya diluncurkan beberapa ratus kilometer dari kandang dan siapa yang paling cepat kembali ditetapkan sebagai pemenang.
Tidak jelas, kapan Dolce Vita akan diterbangkan ke Cina. Namun pembelian Dolce Vita ini menimbulkan silang pendapat di balap burung merpati, khususnya di Belanda, Jerman dan Belgia.




111.  KUNYIT dikenal sebagai jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu beragam masakan. Rempah dengan nama latin Curcuma longa ini menjadi semakin menarik untuk dikaji, karena selain memiliki sensasi rasa dan warna yang khas, kunyit juga dipercaya bisa menguragi pertumbuhan kanker kepala dan leher.
Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian di UCLA Jonsson Comprehensive Cancer Centre, yang menyebutkan bahwa komponen utama dalam kunyit dengan nama kurkumin dapat menekan jalur sel dalam air liur manusia yang menyebabkan pertumbuhan kanker kepala dan leher.
Dr Marilene Wang, salah seorang peneliti sekaligus penulis senior studi dan Jonsson Cancer Centre mengatakan, kurkumin yang terdapat di dalam kunyit dapat menekan serangan pertumbuhan kanker dengan cara mempengaruhi air liur itu sendiri dengan mengurangi pro-inflamasi sitokin dalam air liur. Studi ini telah Studi ini telah dipublikasikan dalam American Association of Cancer Research.(MI/DSY)

112.  Jakarta: Dua pekan setelah perayaan Tahun Baru Imlek, masyarakat keturunan Tionghoa, hari ini Senin (6/2), akan menggelar pesta Cap Go Meh. Berbagai macam kegiatan dan menu masakan untuk menyambut Cap Go Meh pun telah disiapkan. Di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat, digelar Malam Festival Kuliner yang menyajikan aneka makanan khas  Cap Go Meh.
Malam Festival Kuliner Pecenongan memang menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar Pecenongan.  Aneka makanan dan jajanan disajikan di sana. Satu makanan yang menarik perhatian pengunjung adalah lontong raksasa. Lontong itu dibuat ibu-ibu PKK kawasan Jakpus dengan panjang sekitar 150 meter. Lontong itu telah tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MuRI) sebagai lontong terpanjang.
Menurut masyarakat keturunan Tionghoa, lontong merupakan makanan yang wajib disajikan dalam perayaan Cap Go Meh. Karena itu biasanya makanan itu dikenal dengan nama Lontong Cap Go Meh.
Selain lontong raksasa, Festival Kuliner Pecenongan juga diramaikan dengan kehadiran barongsai yang sukses menarik perhatian warga, baik warga keturunan China maupun warga pribumi.(DSY)

113.  Yogyakarta: Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana dikukuhkan menjadi Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), hari ini Senin (6/2). Acara pengukuhan dihadiri Wakil Presiden RI Boediono bersama istri Herawati Boediono.
Acara pengukuhan dilakukan di Balai Senat UGM di Bulaksumur. Denny menyampaikan pidato berjudul "Sistem Presidensial yang Adil dan Demokratis".
Acara pengukuhan dimulai pukul 10.00 WIB. Wapres Boediono bersama istri sudah hadir sekitar pukul 09.20 WIB dari kediaman pribadi di Sawitsari Condongcatur Depok Sleman. Di Balairung UGM Boediono dan istri langsung disambut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan istri GKR Hemas. Selanjutnya mereka menuju ruang transit di Ruang Rektor UGM.
Selain wapres, hadir dalam acara pengukuhan sejumlah pejabat tinggi negara diantaranya Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Menko Polhukkam Djoko Suyanto, Menristek Gusti Muhammad Hatta dan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin.(MI/DSY)

114.  Magelang: Masyarakat keturunan Tionghoa, hari ini Senin (6/2), menyambut perayaan Cap Go Meh sebagai puncak perayaan Tahun Baru Imlek. Dalam Cap Go Meh--digelar 15 hari setelah Imlek--dirayakan dengan berbagai acara, mulai dari sembahyang bersama di klenteng hingga kirab budaya. Di Magelang, Jawa Timur, masyarakat keturunan Tionghoa dan warga sekitarnya larut dalam kirab Cap Go Meh.
Sebelum kirab, masyarakat keturunan Tionghoa melakukan sembahyang bersama sebanyak tujuh kali di Klenteng Liong Bok Bio. Dari klenteng, warga Tionghoa lalu menuju jalanan kota untuk menyaksikan kirab dan berbagai atraksi kesenian budaya China, seperti atraksi barongsai dan liong. Perbauran masyarakat Tionghoa dengan warga sekitar menjadikan kesenian khas China bisa dipadukan dengan kesenian daerah Magelang.
Kesenian daerah Magelang lainnya yang ikut meramaikan kirab Cap Go Meh adalah kubrosiswo. Kubrosiswo merupakan kesenian tradisional berlatar belakang penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Kubro berarti besar dan siswo berarti siswa atau murid. Kubrosiswo merupakan singkatan dari Kesenian Ubahing Badan Lan Rogo (kesenian mengenai gerak badan dan jiwa), sarana untuk mengingatkan umat Islam dan manusia pada umumnya agar menyelaraskan kehidupan dunia dan akhirat.(DSY)

 15. Singkawang: Kota Singkawang di Kalimantan Barat dikenal dengan populasi etnis Tionghoa terbanyak di Indonesia. Tidak heran semarak gegap gempita menyambut Tahun Baru Imlek 2563 dan Cap Go Meh 2012 di Kota Singkawang selalu menjadi daya tarik bagi mereka yang tinggal di kota lain di Indonesia maupun di mancanegara. Hongkong van Borneo. Itulah sebutan bagi Kota Singkawang, salah satu kota di Kalbar. Kota yang dihuni mayoritas etnis Tionghoa itu begitu semarak menyambut datangnya Imlek dan Cap Go Meh. Memasuki tahun Naga Air ini, seluruh sudut kota, mulai dari jalan, permukiman, pasar, pertokoan hingga tempat peribadatan, sudah dihiasi ornamen-ornamen khas Imlek.
    Untuk tahun ini, panitia Imlek dan Cap Go Meh membangun replika naga sepanjang 138 meter yang ditargetkan meraih rekor MuRI dan miniatur tembok China sepanjang 220 meter yang mengelilingi Taman Mei Hwa. Replika naga khusus dibuat untuk menyambut datangnya Tahun Naga Air. Seluruh badan naga dipenuhi lampion dan akan terus menyala sepanjang malam. Sebelumnya rekor naga terpanjang ada di Yogyakarta sepanjang 130 meter dan meraih rekor MuRI.  Untuk mencetak rekor baru, Kota Singkawang pun menambah ukuran panjang naga dan mengambil angka 8 yang dianggap sebagai angka keberuntungan. Naga ini memenuhi setengah lapangan hijau di Stadion Kridasana yang tentunya menarik perhatian.
    
 16.  Milan: Dua tim teratas klasmen Liga Italia, Juventus dan AC Milan gagal meraih poin sempurna. Juve bermain tanpa gol melawan Siena. Sedangkan Milan juga ditahan tanpa gol oleh Napoli.
      Juve memang masih mempertahankan rekor tak terkalahkan di kandang. Namun, mereka gagal meraih poin sempurna saat menjamu Siena. Sejak babak pertama I Bianconeri sebenarnya menguasai pertandingan. Tapi, selalu gagal mencetak gol. 
     Pada menit 16, tendangan jarak jauh Arturo Vidal masih bisa dihalau kiper Siena, Gianluca
      Pegolo. Tak lama berselang, giliran kubu tamu yang membuka peluang. Namun, tendangan Emanuel Calaion masih melebar. Skor 0-0 bertahan hingga jeda. Di babak kedua, kedua kubu kembali nyaris menciptakan gol. Tandukan Alesandro Matri pada menit 60 masih bisa dihalau kiper Siena. Terus digempur Siena sempat mencuri peluang. Sebuah serangan balik cepat hampir membobol gawang Juve. Saat itu, Alessandro Gazzi berusaha memanfaatkan bola rebound, namun tendangannya masih melebar. Skor 0-0 bertahan hingga pertandingan usai. Hal serupa juga dialami peringkat kedua klasmen AC Milan. Mereka lebih banyak ditekan tamunya napoli di babak pertama. Tendangan jarak jauh dari luar kotak penali yang dilesakkan Marek Hamsik masih bisa ditahan Christian Abbiati. Peluang berikutnya diciptakan striker Napoli, Ezequiel Lavezzi. Namun tendangannya masih melebar. Sesaat sebelum babak pertama usai, tendangan kencang Robinho dari sisi kiri masih bisa ditahan kiper Napoli, Morgan de Santics. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, giliran AC Milan yang terus menggempur pertahanan Napoli. Namun lagi-lagi tendangan Robinho masih gagal bersarang di gawang De Santics. Serangan demi serangan AC Milan berhasil dimentahkan De Santic yang bermain gemilang.


117.  New York: Sebuah film tentang remaja yang memiliki kekuatan, Chronicle, mengalahkan film 'The Woman in Black' dalam peringkat box office di Amerika Serikat. Kedua film menarik banyak penonton setelah diputar dan meraup pendapatan 22 juta dollar AS dan 21 juta dollar AS.
Padahal kedua film diputar pada pekan pertandingan Super Bowl. Saat itu biasanya penonton film berkurang. Pekan lalu, film yang menempati peringkat satu adalah The Grey. Film itu dibintangi oleh Liam Neeson. Film itu turun ke posisi tiga dengan keuntungan 9,5 juta dollar AS. Film Chronicle, yang disutradarai oleh Josh Trank, menceritakan tentang tiga anak laki-laki yang mengunakan kekuatan telekinesis (memindahkan benda tanpa disentuh) dengan cara yang nakal.
Pengamat 'demografi' menyatakan, kedua film, Chronicle dan The Woman in Black, menyasar pasar remaja dan usia awal 20-an. "Chronicle dirancang dan dibuat untuk penonton muda," kata kepala distribusi 20th Century Fox Chris Aronson. "Kelompok umur itu yang telah menghilang dari teater."
Dia mengatakan telah "banyak publikasi yang dilakukan melalui media sosial yang menghubungkannya dengan penonton". The Woman In Black merupakan film hantu yang diadaptasi dari novel Susan Hill yang terbit pada 1983 lalu.
Pemain yang dikenal melalui peran Harry Potter, Daniel Radcliffe, berperan sebagai pengacara yang dihantui oleh kliennya yang meninggal. Kepala distribusi CBS Films Steven Friedlander mengatakan film ini memiliki "seluruh elemen untuk meraih sukses".



  18.  Jakarta: Cuaca buruk dan salju tebal tak hanya melanda Eropa. Libya juga kini dilanda salju. Turunnya salju sangat jarang terjadi di Libya. Salju turun di sejumlah wilayah Libya, termasuk Kota Gharyan sekitar 70 kilometer dari ibukota Tripoli. Sementara hujan salju setebal 200 centimeter mengisolasi Kota Kalinovik, Bosnia. Belasan pasien rumah sakit setempat dievakuasi. Ratusan warga terjebak salju tebal di sejumlah jalan, dan tertimpa longsor salju. Sebanyak 120 orang di wilayah lain terjebak di rumah mereka tanpa aliran listrik dan sambungan telepon. Sejumlah binatang di Kebun Binatang Sarajevo dipindahkan ke dalam gedung. Karyawan kebun binatang terpaksa bekerja selama 36 jam untuk menghangatkan para hewan.(DSY).


 19.  Jakarta: Ketua Harian Persipura Jayapura, La Siya mendatangi Kantor Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia, Jakarta, Senin (6/2). Ia datang untuk mendaftarkan keikutsertaan Persipura di Liga Champions Asia. Keberanian La Siya menyambangi Kantor PSSI bukan tanpa alasan. Badan Arbitrase Olahraga Internasional dalam keputusan sela memenangkan gugatan Persipura terhadap PSSI yang tidak mendaftarkan tim Mutiara Hitam ke Liga Champions Asia. Setelah menerima formulir pendaftaran Persipura, Sekjen PSSI Tri Goestoro langsung menandatanganinya. Formulir akan segera dikirimkan kepada Organisasi Sepak Bola Asia (AFC). La Siya berharap tidak lagi ada masalah dengan keikutsertaan Persipura di ajang tersebut. Ia mengaku manajemen Persipura telah mendaftarkan seluruh pemain intinya untuk berlaga di liga Champion Asia. Jika tidak ada masalah lagi, Boaz Salosa dan kawan-kawan akan tampil di babak playoff menghadapi wakil Australia, Adelaide FC.(BEY)



Perbedaan Penyajian Teks Berita

1.       Teks berita 1
Nasib buruk dialami awak kapal KM Ulam Sari HR. kapal berukuran 30 GT milik H Ratmo, warga Tegal itu dilaporkan tenggelam di perairan Pulau Karimunjawa akibat diterjang Gelombang Tinggi, Selasa (24/1). Kapal yang tenggelam itu dilengkapi alat tangkap cantrang yang dinahkodai Sudar, warga Kramat, Kabupaten Tegal. Informasi tenggelamnya kapal itu diperoleh Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT) melalui radio komunikasi. Kabar sementara, Anak Buah Kapal (ABK) yang jumlahnya sekitar 15 orang terselamatkan. Namun untuk unit kapalnya diperkirakan tidak bisa dievakuasi lantaran gelombang masih tinggi.
Teks Berita 2
Kapal berukuran 30 GT milik H Ratmo, warga Tegal itu dilaporkan tenggelam di perairan Pulau Karimunjawa akibat diterjang Gelombang Tinggi, Selasa (24/1). Kapal yang tenggelam itu dilengkapi alat tangkap cantrang yang dinahkodai Sudar, warga Kramat, Kabupaten Tegal. Informasi terkini, Anak Buah Kapal (ABK) yang jumlahnya sekitar 15 orang  dapat diselamatkan. Akan tetapi, untuk unit kapalnya diperkirakan tidak bisa dievakuasi lantaran gelombang masih tinggi. Nasib buruk dialami awak kapal KM Ulam Sari HR. Informasi tenggelamnya kapal itu diperoleh Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT) melalui radio komunikasi.

2.       Teks Berita 1
Peristiwa bencana alam di wilayah Jawa Tengah meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Peristiwa bencana alam mencapai 628 kejadian, sementara tahun 2009 hanya 287 kasus. Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi E DPRD Jateng Mahmud Mahfud  ketika memberikan bantuan korban puting beliung di Salatiga Selasa (24/1). Bantuan dari provinsi yang diberikan pada kesempatan itu adalah air mineral 25 dus, mi instan 1.800 bungkus, minyak goring 24 liter, kopi susu 132 paket, the serbuk 100 bungkus kecap 96 botol, saus 96 botol, dan bubur bayi 125 bungkus.
Teks berita 2
Sekretaris Komisi E DPRD Jateng Mahmud Mahfud mengungkapkan peristiwa bencana alam di Provinsi Jateng meningkat saat memberikan bantuan korban puting beliung di Salatiga Selasa (24/1). Bantuan dari provinsi yang diberikan pada kesempatan itu adalah air mineral 25 dus, mi instan 1.800 bungkus, minyak goring 24 liter, kopi susu 132 paket, the serbuk 100 bungkus kecap 96 botol, saus 96 botol, dan bubur bayi 125 bungkus. Peristiwa bencana alam di wilayah Jawa Tengah meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Peristiwa bencana alam mencapai 628 kejadian, sementara tahun 2009 hanya 287 kasus.

3.       Teks berita 1
Warga Desa Gondoharum Kecamatan Jekulo kembali menemukan fosil di Situs Patiayam. Fosil ini ditemukan tiga warga Dukuh Kaliwaluh Desa Gondoharum. Sayangnya penemuan delapan jenis baru dilaporkan Selasa (24/1) saat petugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus melakukan monitoring. Tiga warga tersebut Waridin, Zahidin, dan Sukarno. Delapan fosil ini ditemukan pada waktu yang berbeda pertengahan Januari lalu. Fosil pertama tanduk, gigi, dan rahang banteng serta tulang kaki gajah purba ditemukan Waridin. Penemuan berikutnya berupa sepasang gading gajah purba oleh Zahidin. Menyusul penemuan fosil rahang dan tulang kaki gajah purba oleh Sukarno.
Teks berita 2
Delapan fosil ini ditemukan pada waktu yang berbeda pertengahan Januari lalu. Fosil pertama tanduk, gigi, dan rahang banteng serta tulang kaki gajah purba ditemukan Waridin. Penemuan berikutnya berupa sepasang gading gajah purba oleh Zahidin. Menyusul penemuan fosil rahang dan tulang kaki gajah purba oleh Sukarno. Warga Desa Gondoharum Kecamatan Jekulo tersebut kembali menemukan fosil di Situs Patiayam. Fosil ini ditemukan tiga warga Dukuh Kaliwaluh Desa Gondoharum. Sayangnya penemuan delapan jenis baru dilaporkan Selasa (24/1) saat petugas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus melakukan monitoring. Tiga warga tersebut Waridin, Zahidin, dan Sukarno.

4.       Teks berita 1
Nilai ekspor komoditas unggulan di Jateng diprediksi terus meningkat. Karena itulah, Jateng akan memfokuskan pengembangan 70 komoditas unggulan dari produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Sudjarwanto, 70 komoditas unggulan ini tersebar di semua kabupaten/kota di Jateng. Masing-masing daerah ada 2 komoditas unggulan, terdiri dari agro, kerajinan, buah, tenun, produk lembaga dan lainnya.
Teks berita 2
Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Sudjarwanto, 70 komoditas unggulan ini tersebar di semua kabupaten/kota di Jateng. Masing-masing daerah ada 2 komoditas unggulan, terdiri dari agro, kerajinan, buah, tenun, produk lembaga dan lainnya. Nilai ekspor komoditas unggulan di Jateng diprediksi terus meningkat. Karena itulah, Jateng akan memfokuskan pengembangan 70 komoditas unggulan dari produk Usaha Kecil Menengah (UKM).

5.       Teks berita 1
Cuaca buruk terjadi di wilayah Banten terus membawa korban. Setelah hujan lebat mengakibatkan meluapnya sungai Ciujung hingga banjir merendam empat kabupaten di Banten, kini ganti angin putting beliung menghancurkan bangunan SDN Bojong Neros di Desa Pasonongan, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang Banten. Untung peristiwa itu terjadi petang sehingga tidak ada kegiatan belajar mengajar (KBM). Akibat peristiwa yang terjadi Senin (23/1) itu, tiga ruang kelas rata dengan tanah. Atap bangunan yang terbuat dari seng beterbangan akibat terbawa angin. Bahkan sebagian tersangkut di pepohonan sekitar lokasi. Syaifullah (36), salah seorang saksi mata menuturkan, angin puting beliung itu membuat warga kampung panik. Selain kencangnya angin warga khawatir hujan deras yang mengiringinya kembali menimbulkan banjir.
Teks berita 2
Syaifullah (36), salah seorang saksi mata menuturkan, angin puting beliung itu membuat warga kampung panik. Selain kencangnya angin warga khawatir hujan deras yang mengiringinya kembali menimbulkan banjir. Cuaca buruk terjadi di wilayah Banten terus membawa korban. Setelah hujan lebat mengakibatkan meluapnya sungai Ciujung hingga banjir merendam empat kabupaten di Banten, kini ganti angin putting beliung menghancurkan bangunan SDN Bojong Neros di Desa Pasonongan, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang Banten. Untung peristiwa itu terjadi petang sehingga tidak ada kegiatan belajar mengajar (KBM). Akibat peristiwa yang terjadi Senin (23/1) itu, tiga ruang kelas rata dengan tanah. Atap bangunan yang terbuat dari seng beterbangan akibat terbawa angin. Bahkan sebagian tersangkut di pepohonan sekitar lokasi.

     6.       Teks berita 1
     Warga Kampung Ciwaru, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak,
  dapat bernapas lega. Sebab, jembatan “Indiana Jones”, jembatan gantung yang
   membentang sekitar 100 meter di atas Sungai Ciberang, Ciwaru, Kabupaten Lebak,
   akhirnya dibangun. Pembangunan jembatan yang dibiayai PT Kratau Steel (KS) sebesar Rp
  1,2 milliar itu ditandai peletakan batu pertama oleh menteri percepatan pembangunan
  daerah tertinggal (PDT) Helmi Faishal Zaini Selasa (24/1). Hadir dalam acara tersebut,
  wakil Gubernur Banten Rano Karno, Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya (Jb), dan Wakil Bupati
  Amir Hamzah. Namun, jembatan baru itu tidak dibangun di lokasi jembatan yang
 sekarang. Lokasi jembatan baru tersebut bergeser sekitar 100 meter dari jembatan lama.
Teks berita 2
Pembangunan jembatan yang dibiayai PT Kratau Steel (KS) sebesar Rp 1,2 milliar itu ditandai peletakan batu pertama oleh menteri percepatan pembangunan daerah tertinggal (PDT) Helmi Faishal Zaini Selasa (24/1). Hadir dalam acara tersebut, wakil Gubernur Banten Rano Karno, Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya (Jb), dan Wakil Bupati Amir Hamzah. Namun, jembatan baru itu tidak dibangun di lokasi jembatan yang sekarang. Warga Kampung Ciwaru, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, dapat bernapas lega. Sebab, jembatan “Indiana Jones”, jembatan gantung yang membentang sekitar 100 meter di atas Sungai Ciberang, Ciwaru, Kabupaten Lebak, akhirnya dibangun. Lokasi jembatan baru tersebut bergeser sekitar 100 meter dari jembatan lama. 

tri
0 Responses

Posting Komentar