Standar Kompetensi:
11. Memahami ragam wacana tulis dengan  membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca  nyaring

Kompetensi Dasar:
11.1  Menemukan  masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif

Tujuan pokok pembelajaran ini, Anda diharapkan dapat:
·   mampu mendata masalah-masalah dari tiap berita
·   mampu menentukan masalah utama dari tiap berita
·   mampu menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita
·   mampu menentukan perbedaan penyajian teks berita

Pengantar
Setiap informasi/berita aktual pasti akan dimuat di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Karena disajikan oleh media yang berbeda, suatu berita yang sama pasti akan memiliki perbedaan dalam penyajiannya, ada yang mengutamakan aspek tertentu, ada juga yang mengutamakan aspek yang lain.

Deskripsi Materi
Menemukan Masalah Utama dari Beberapa Berita Bertopik Sama
Sering kita jumpai berita yang sama disampaikan dengan sudut pandang yang berbeda oleh koran yang berbeda. Pada kesempatan ini kamu akan belajar menemukan topik yang dimaksud dari sumber koran yang berbeda. Catatlah butir-butir pokok dari setiap teks, temukan keterkaitan butir yang satu dengan yang lain, dan tuliskan butir-butir pokok tersebut ke dalam satu atau dua paragraf rangkuman.
Aktivitas pembelajaran yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi menemukan masalah utama dari beberapa berita bertopik sama adalah (1) mengenali inti berita untuk menyusun rangkuman, (2) membandingkan isi dua teks yang hampir sama temanya, (3) merangkum isi dua teks yang hampir sama temanya, dan (4) menilai rangkuman yang dibuat.

1. Mengenali Inti Berita untuk Menyusun Rangkuman
Coba cermati kutipan teks berita 1, 2, dan 3 berikut! Carilah inti masing-masing kutipan teks berita tersebut, kemudian bandingkan dan berikan komentar terhadap ketiganya!

a. Diskusikan dengan teman sebangkumu kalimat yang disampaikan dalam kutipan teks berita tersebut yang bersifat lebih umum daripada yang kalimat lain!
b. Alasan apa yang menyebabkan peristiwa tersebut terjadi? Dengarkan kutipan teks berita 1 dan berikanlah alasannya!
c. Bagaimana proses kejadian pada peristiwa tersebut pada kutipan teks berita 2?
d. Peristiwa apa yang terjadi pada kutipan teks berita 3?

Jawabanmu merupakan kalimat penjelas dalam setiap paragraf.
Sekarang berikanlah komentar terhadap penjelasan berikut berdasarkan hasil diskusimu!

2. Membandingkan Isi Dua Berita yang Temanya Hampir Sama
Seperti kegiatan sebelumnya, kali ini bacalah dengan cermat teks berikut dengan cara berdiskusi dengan temanmu! Kamu dapat memberikan komentar terhadap teksteks tersebut. Coba temukan tema keduanya!

Bagaimana perbandingan isi kedua teks tersebut? Untuk itu, lengkapilah tabel berikut!
No.
Hal yang dibandingkan
Teks 1
Teks 2
1.



2.




3. Merangkum Isi Dua Teks yang Hampir sama Temanya
Buatlah rangkuman dengan merangkaikan ide pokok dari kedua teks tersebut secara berkelompok! Tulislah di papan tulis hasil setiap kelompok dalam tabel seperti berikut.

Rangkuman Kelompok 1
Rangkuman Kelompok 2
Rangkuman Kelompok 3







4. Menilai Rangkuman yang Dibuat
Berikanlah komentar dari rangkuman yang dibuat kawanmu dari segi keringkasan isi, bahasa, dan ejaan yang digunakan. Kelompok pemenang adalah kelompok yang dapat menemukakan ide pokok dengan tepat dan menuliskannya dalam rangkuman serta ketepatan penggunaan ejaan.


 Contoh:
Teks Berita I
Warga berjalan melewati air yang merendam jalan-jalan di wilayah Kudus, Minggu (4/12). Akibat hujan turun terus-menerus sejak Sabtu (3/12), sungai-sungai meluap dan merendam “Kota Kretek” tersebut. Akibat banjir tersebut ribuan rumah tenggelam, sekolah, perkantoran, dan persawahan juga tenggelam.
Teks II
Kudus (KR)- Setidaknya 2 orang tewas akibat banjir bandang yang melanda Kudus, setelah diguyur hujan deras sepanjang Sabtu siang hingga Minggu (4/12) dinihari. Hingga kemarin, genangan banjir setinggi 0,5 meter hingga 1,5 meter menenggelamkan ribuan rumah, sekolah, perkantoran, dan ratusan hektare sawah di wilayah Kecamatan Mejobo Kudus.

1. Persamaan isi berita tersebut adalah ....
A.    Sungai di Kudus meluap dan merendam
B.    Ribuan rumah di Kudus terendam
C.   Banjir di Kudus akibat hujan terus-menerus
D.   Jalan-jalan di wilayah Kudus terendam
Jawaban: C (karena kedua teks berita tersebut sama-sama menginformasikan peristiwa banjir di daerah Kudus).

2.  Perbedaan berita yang di utamakan kedua berita pada soal nomor 4 adalah …
  1. Teks 1 menonjolkan akibat terhadap lingkungan dan teks 2 menonjolkan akibat korban
  2. Teks 1 mengutamakan peristiwa dan teks 2 mengutamakan penyebab
  3. Teks 1 megutamakan penyebab banjir dan teks 2 mengutamakan korban banjir
  4. Teks 1 menonjolkan korban banjir dan teks 2 menonjolkan peristiwa banjir
Jawaban: A (informasi utama yang disajikan dalam berita tersebut berbeda Teks 1 menonjolkan akibat terhadap lingkungan dan teks 2 menonjolkan akibat korban)

3.  Perbedaan penyajian kedua teks berita  pada soal nomor 4  adalah…
A.   Teks 1: bagaimana-kapan-siapa-di mana-mengapa, teks 2: kapan-di mana, mengapa-bagaimana-siapa
B.   Teks 1: siapa-di mana-kapan-mengapa-bagaimana, teks 2: siapa-mengapa-bagaimana-kapan-di mana
C.  Teks 1: di mana-kapan-mengapa-siapa-bagaimana, teks 2: mengapa-kapan-bagaimana-di mana-siapa
D. Teks 1: mengapa-kapan-bagaimana-kapan-di mana, teks 2: di mana-mengapa-kapan-bagaimana
Jawaban: B (urutan penyajian kedua teks tersebut berbeda teks 1: siapa-di mana-kapan-mengapa-bagaimana, teks 2: siapa-mengapa-bagaimana-kapan-di mana)

Evaluasi:
(Soal terlampir)
0 Responses

Poskan Komentar