Standar Kompetensi:
11. Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca ekstensif, membaca
intensif, dan membaca nyaring
Kompetensi Dasar:
11.1 Menemukan masalah
utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
Tujuan pokok pembelajaran ini, Anda diharapkan dapat:
· mampu mendata
masalah-masalah dari tiap berita
·
mampu menentukan masalah
utama dari tiap berita
·
mampu menyimpulkan kesamaan
masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita
·
mampu menentukan perbedaan
penyajian teks berita
Pengantar
Setiap informasi/berita
aktual pasti akan dimuat di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Karena
disajikan oleh media yang berbeda, suatu berita yang sama pasti akan memiliki
perbedaan dalam penyajiannya, ada yang mengutamakan aspek tertentu, ada juga
yang mengutamakan aspek yang lain.
Deskripsi Materi
Menemukan
Masalah Utama dari Beberapa Berita Bertopik Sama
Sering kita jumpai berita
yang sama disampaikan dengan sudut pandang yang berbeda oleh koran yang berbeda.
Pada kesempatan ini kamu akan belajar menemukan topik yang dimaksud dari sumber
koran yang berbeda. Catatlah butir-butir pokok dari setiap teks, temukan
keterkaitan butir yang satu dengan yang lain, dan tuliskan butir-butir pokok
tersebut ke dalam satu atau dua paragraf rangkuman.
Aktivitas pembelajaran
yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi menemukan masalah utama dari
beberapa berita bertopik sama adalah (1) mengenali inti berita untuk menyusun
rangkuman, (2) membandingkan isi dua teks yang hampir sama temanya, (3)
merangkum isi dua teks yang hampir sama temanya, dan (4) menilai rangkuman yang
dibuat.
1.
Mengenali Inti Berita untuk Menyusun Rangkuman
Coba cermati kutipan teks
berita 1, 2, dan 3 berikut! Carilah inti masing-masing kutipan teks berita
tersebut, kemudian bandingkan dan berikan komentar terhadap ketiganya!
a. Diskusikan dengan teman
sebangkumu kalimat yang disampaikan dalam kutipan teks berita tersebut yang
bersifat lebih umum daripada yang kalimat lain!
b. Alasan apa yang menyebabkan peristiwa
tersebut terjadi? Dengarkan kutipan teks berita 1 dan berikanlah alasannya!
c. Bagaimana proses kejadian
pada peristiwa tersebut pada kutipan teks berita 2?
d. Peristiwa apa yang terjadi pada
kutipan teks berita 3?
Jawabanmu merupakan
kalimat penjelas dalam setiap paragraf.
Sekarang berikanlah
komentar terhadap penjelasan berikut berdasarkan hasil diskusimu!
2.
Membandingkan Isi Dua Berita yang Temanya Hampir Sama
Seperti kegiatan sebelumnya,
kali ini bacalah dengan cermat teks berikut dengan cara berdiskusi dengan
temanmu! Kamu dapat memberikan komentar terhadap teksteks tersebut. Coba
temukan tema keduanya!
Bagaimana perbandingan
isi kedua teks tersebut? Untuk itu, lengkapilah tabel berikut!
No.
|
Hal
yang dibandingkan
|
Teks 1
|
Teks 2
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
Merangkum Isi Dua Teks yang Hampir sama Temanya
Buatlah rangkuman dengan
merangkaikan ide pokok dari kedua teks tersebut secara berkelompok! Tulislah di
papan tulis hasil setiap kelompok dalam tabel seperti berikut.
Rangkuman
Kelompok 1
|
Rangkuman
Kelompok 2
|
Rangkuman
Kelompok 3
|
|
|
|
|
|
|
4.
Menilai Rangkuman yang Dibuat
Berikanlah komentar dari
rangkuman yang dibuat kawanmu dari segi keringkasan isi, bahasa, dan ejaan yang
digunakan. Kelompok pemenang adalah kelompok yang dapat menemukakan ide pokok
dengan tepat dan menuliskannya dalam rangkuman serta ketepatan penggunaan
ejaan.
Contoh:
Teks Berita I
Warga berjalan melewati air yang
merendam jalan-jalan di wilayah Kudus, Minggu (4/12). Akibat hujan turun
terus-menerus sejak Sabtu (3/12), sungai-sungai meluap dan merendam “Kota
Kretek” tersebut. Akibat banjir tersebut ribuan rumah tenggelam, sekolah,
perkantoran, dan persawahan juga tenggelam.
Teks II
Kudus (KR)- Setidaknya 2 orang tewas
akibat banjir bandang yang melanda Kudus, setelah diguyur hujan deras sepanjang
Sabtu siang hingga Minggu (4/12) dinihari. Hingga kemarin, genangan banjir
setinggi 0,5 meter hingga 1,5 meter menenggelamkan ribuan rumah, sekolah,
perkantoran, dan ratusan hektare sawah di wilayah Kecamatan Mejobo Kudus.
1. Persamaan
isi berita tersebut adalah ....
A. Sungai
di Kudus meluap dan merendam
B. Ribuan
rumah di Kudus terendam
C. Banjir
di Kudus akibat hujan terus-menerus
D. Jalan-jalan
di wilayah Kudus terendam
Jawaban: C (karena kedua teks
berita tersebut sama-sama menginformasikan peristiwa banjir di daerah Kudus).
2. Perbedaan berita yang di utamakan kedua
berita pada soal nomor 4 adalah …
- Teks 1 menonjolkan akibat terhadap lingkungan dan teks 2 menonjolkan akibat korban
- Teks 1 mengutamakan peristiwa dan teks 2 mengutamakan penyebab
- Teks 1 megutamakan penyebab banjir dan teks 2 mengutamakan korban banjir
- Teks 1 menonjolkan korban banjir dan teks 2 menonjolkan peristiwa banjir
Jawaban: A (informasi utama yang
disajikan dalam berita tersebut berbeda Teks 1 menonjolkan akibat terhadap
lingkungan dan teks 2 menonjolkan akibat korban)
3. Perbedaan penyajian kedua teks berita pada soal nomor 4 adalah…
A.
Teks
1: bagaimana-kapan-siapa-di mana-mengapa, teks 2: kapan-di mana, mengapa-bagaimana-siapa
B. Teks
1: siapa-di mana-kapan-mengapa-bagaimana, teks 2:
siapa-mengapa-bagaimana-kapan-di mana
C. Teks
1: di mana-kapan-mengapa-siapa-bagaimana, teks 2: mengapa-kapan-bagaimana-di
mana-siapa
D. Teks
1: mengapa-kapan-bagaimana-kapan-di mana, teks 2: di
mana-mengapa-kapan-bagaimana
Jawaban: B (urutan penyajian kedua
teks tersebut berbeda teks 1: siapa-di mana-kapan-mengapa-bagaimana, teks 2:
siapa-mengapa-bagaimana-kapan-di mana)
Evaluasi:
(Soal
terlampir)
Posting Komentar